Indonesia Telecom News Aggregators™

Layanan IPTV Telkom Mulai ‘Unjuk Gigi’


iptvJAKARTA – Telkom akan melakukan uji coba (trial) layanan Internet Protocol Television (IPTV) Telkom di hadapan beberapa pejabat Depkominfo Selasa (8/9/2009).

Menurut Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, dengan keluarnya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 30/PER/ M.KOMINFO/8/2009  tentang Penyelenggaraan Layanan Televisi Protokol Internet (Internet Protocol Television/IPTV) di Indonesia tanggal 19 Agustus 2009, maka tidak ada keraguan lagi bagi Telkom untuk menggelar layanan IPTV kepada publik.

“Trial layanan IPTV TEKOM ini menjadi satu bukti bahwa Telkom senantiasa berupaya memberikan yang terbaik bagi pelanggannya,” ujar Eddy Kurnia di Jakarta, Selasa (8/9/2009).

Eddy mengharapkan layanan ini dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat modern yang haus akan informasi.
“Telkom terus berbenah seiring perkembangan teknologi agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan,” katanya.

Salah satu value added yang akan segera diberikan kepada pelanggan publik adalah layanan IPTV, suatu layanan TV interaktif yang dilewatkan melalui jaringan Speedy. “IPTV melengkapi Speedy sebagai layanan triple play yaitu 3 layanan voice, internet dan video dengan satu koneksi kepada pelanggan,” ujar Eddy Kurnia.

Berbeda dengan layanan TV Berbayar yang ada saat ini, IPTV Telkom memiliki fitur interaktif yang sangat beragam, penonton dimungkinkan memilih program favoritnya tanpa perlu takut ketinggalan program favorit lainnya.

Hal tersebut dimungkinkan karena kemampuan layanan IPTV untuk merekam atau menghentikan gambar saat tayangan sedang berlangsung. Dengan demikian kendali atas program televisi sepenuhnya ada di tangan penonton (personal).

“Selain itu gambar yang dihadirkan juga memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan payTV yang ada saat ini,” ujar Eddy.

Fitur-fitur lain yang dapat disediakan oleh IPTV adalah, Electronic Program Guide (EPG), panduan pengaturan progam secara elektronik. Digital Video Recording (DVR), fitur untuk merekam siaran langsung (real time broadcast) dalam jaringan server yang dapat diakses kapanpun diinginkan.

Selain itu, IPTV Telkom juga memiliki fitur Time-Shift TV, fitur untuk menghentikan gambar saat tayangan sedang disiarkan dan dapat dilanjutkan kembali tanpa ada yang terpotong. Pay Per View, yaitu siaran berbayar per gambar. Video on Demand (VoD), layanan siaran video sesuai permintaan penonton. Music on Demand, layanan siaran musik sesuai permintaan penonton dan Parental guide yaitu layanan untuk melindungi anak dan remaja dari siaran yang yang tidak diperuntukkan bagi usia mereka.

Penonton juga dimanjakan dengan fitur Game dan ke depannya akan dikembangkan juga layanan penunjang antara lain, Shopping TV yaitu layanan bagi para penonton memesan dan membeli barang yang diminati saat menyaksikan sebuah tayangan televisi.

Layanan IPTV menurut Eddy Kurnia,  bisa lebih efisien di zaman krisis seperti sekarang ini, bila dibandingkan dengan pengeluaran bulanan untuk berlangganan telepon, internet dan TV digital secara terpisah dan kepada operator yang berbeda. Pelanggan tidak perlu repot menghubungi banyak operator untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan keluarga.

source : http://www.okezone.com

Filed under: Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,542 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: