Indonesia Telecom News Aggregators™

50 Operator Nirkabel Bermigrasi ke IP


Jakarta – Operator layanan bergerak di seluruh dunia membawa jaringan mereka ke era Internet Protocol (IP) bersama Nokia Siemens Networks. Dengan demikian, Nokia Siemens Networks kini menjadi pemimpin pasar dalam jaringan IP mobile backhaul.

Sebanyak 50 operator layanan bergerak telah membuktikan bahwa transisi menuju jaringan IP dapat dilakukan dengan cepat dan hemat biaya hanya dengan melakukan upgrade software, tanpa perlu tambahan hardware eksternal dan ruang pada situs BTS.

Dengan pertumbuhan trafik data bergerak yang cepat di seluruh dunia, dipicu oleh teknologi HSPA+ dan perlunya menurunkan biaya, operator layanan bergerak harus mencari cara-cara baru yang hemat biaya untuk mengelola pertumbuhan data dalam jaringan transport. IP/Ethernet mobile backhaul dapat memberikan solusi yang lebih skalabel dengan biaya kurang dari separuh biaya backhaul berbasis TDM. Solusi ini juga menawarkan jalur evolusi yang mulus ke Long-Term Evolution (LTE).

“Migrasi transport dimulai di BTS,” kata Markus Borchert, Head of Sales for Radio Access, Nokia Siemens Networks, pada keterangan pers yang VIVAnews kutip, 11 September 2009. “Kami telah menyediakan BTS yang mendukung IP bagi lebih dari 130 operator dan saat ini banyak dari operator tersebut meminta kami memindahkan jaringan transport mereka ke IP sebagai langkah awal menuju LTE. Kami memiliki solusi jaringan transport yang terintegrasi dalam BTS dan dapat melakukan migrasi ini hanya dengan upgrade software,” ucapnya.

Sebagian dari migrasi ke IP tersebut, Nokia Siemens Networks telah menghadirkan solusi Timing over Packet berbasis standar IEEE 1588-2008 di lebih dari 13 jaringan aktif di seluruh dunia. Solusi ini memberikan sinkronisasi jaringan yang diperlukan menuju BTS dan mengeliminir alternatif-alternatif lain yang mahal.

Nokia Siemens Networks juga telah menjadi perintis dalam teknologi Timing over Packet, dengan mulai menggarap teknologi ini pada 2006 dan menyelesaikan uji coba pertama dalam jaringan aktif pada awal 2007. Pada September 2008, Nokia Siemens Networks menjadi vendor pertama yang secara terbuka mendemonstrasikan IEEE 1588-2008 dalam lingkungan 3G aktif, dengan produk-produk komersial dalam jaringan multi-vendor.

Source :  www.vivanews.com

Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,542 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: