Indonesia Telecom News Aggregators™

Telkom Genjot Pendapatan di Lahan Interkoneksi


JAKARTA – Telkom mulai serius menggarap pengelolaan interkoneksi sebagai lahan pendapatan baru.

Divisi Carrier and Interconnection CIS Telkom selama ini hanya dikenal sebagai divisi yang mengelola interkoneksi, padahal sebenarnya Divisi CIS mengelola berbagai produk pada stream voice service, support facilities, leased capacity, satelite service, port connection, akses internet, dan IP transit.

Sekarang Divisi CIS tidak lagi hanya mengelola interkoneksi, namun melayani segala kebutuhan yang diperuntukkan bagi pelanggan segmentasi Other Licence Operator (OLO), serta menjadikan CIS sebagai single gateway pelayanan OLO.

Dijelaskan Vice Presiden Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, pada awalnya pengelolaan interkoneksi dilakukan oleh unit-unit di divisi regional. Dalam perjalanan menuju profesionalisme pengelolaan, Telkom membentuk pusat pelayanan interkoneksi pada tahun 2003 yang menjadi cikal bakal Divisi CIS saat ini.

“Interkoneksi pada awalnya hanya adalah sebuah layanan, namun fase oligopoli telah menghapuskan fase monopoli dan duopoli, sehingga tuntutan pelayanan interkoneksi mengharuskan Telkom mengelola bisnis tersebut secara lebih profesional,” ujar Eddy Kurnia dalam keterangannya, Senin (14/9/2009).

Edy menambahkan, pengelolaan interkoneksi secara khusus dan bisnis intercarrier secara umum menjadi agenda penting karena bisnis intercarrier menjadi stream pendapatan baru yang signifikan.
Selain itu, pengelolaan ini menjadi tuntutan dari aturan pemerintah yang sifatnya mandatori untuk memajukan skema bisnis telekomunikasi di Indonesia.

Upaya Telkom mengelola interkoneksi melalui Divisi CIS kepada para operator telekomunikasi di Indonesia telah dibuktikan lewat sertifikat sistem Manajeman Mutu ISO 9001:2008 dari TUV Rheinland International.

“Sertifikat ISO 9001:2008  membuktikan layanan Telkom, khususnya Divisi Carrier and Interconnection, berstandar internasional,” ujar Vice Presiden Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia.

“Sertifikasi bukanlah tujuan akhir Divisi CIS, tetapi lebih jauh adalah ujian komitmen untuk memastikan proses bisnis yang dibangun menjadi lebih efektif,” ujar Eddy.

source : http://www.okezone.com

Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,542 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: