Indonesia Telecom News Aggregators™

BlackBerry Storm 2 Ungguli iPhone


bb_stromJakarta – Sukses dengan BlackBerry Storm, Research In Motion (RIM) langsung tancap gas dengan meluncurkan gadget generasi lanjutan yang lebih unggul. Hadirnya Storm 2 ini diharapkan mampu terus mendongkrak pertumbuhan RIM di tengah ketidakpastian ekonomi dunia.

Generasi kedua BlackBerry Storm itu dipastikan meluncur ke pasar jelang akhir tahun ini. Sasaran pertama adalah pasar Inggris, yang akan diserbu melalui jaringan Vodafone, Oktober nanti. Pasar Amerika Serikat bakal jadi sasaran selanjutnya, yakni awal November.

BlackBerry generasi anyar ini memang menawarkan banyak keunggulan. Keunggulan mendasar Storm 2 dengan generasi sebelumnya terletak pada fasilitas yang mendukung Wi-F, kamera dengan resolusi 5 megapiksel, serta layar yang diupgrade. Selain itu ada juga sejumlah perbaikan lain pada fitur SurePress versi sebelumnya.

Storm versi terdahulu telah membuktikan ketangguhannya sebagai pesaing iPhone di Amerika. Survey NPD Group, perusahaan periset pasar industri nirkabel, menunjukkan bahwa selama kuartal pertama 2009 lalu Storm menempati posisi ketiga penjualan terbaik di AS. Maka kehadiran BlackBerry Storm 2 ini pun diprediksi bakal menggerus dominasi iPhone, yang telah tergeser oleh BlackBerry Curve pada kategori penjualan smartphone.

Perluasan pasar RIM ini memang menakjubkan. Salah satunya dengan dominasi BlackBerry di AS. Di negara adidaya ini, BlackBerry berhasil menguasai 56% dari US$ 12 miliar pasar smartphone. Ini berarti, tiga dari lima ponsel yang terjual adalah BlackBerry.

BlackBerry Curve tercatat sebagai smartphone dengan penjualan terbesar di AS tahun ini. Menurut hasil riset NPD Group, penjualan BlackBerry Curve buatan RIM mampu terdongkrak menyusul promosi agresif ‘beli satu gratis satu’ yang digelar Verizon Wireless. Curve juga makin populer dan terjangkau karena ketersediaannya yang lebih luas di empat operator seluler utama di AS.

Curve bahkan jadi smartphone konsumer yang paling laris di AS di kuartal pertama 2009, membuktikan ketangguhannya sebagai pesaing iPhone. Market share RIM di pasar smartphone konsumer juga naik 15% ke sekitar 50% dari seluruh pasar smartphone. Padahal, dibanding kuartal sebelumnya, market share Apple dan Palm turun masing-masing 10%.

Kinerja RIM yang selama ini juga memuaskan dengan peningkatan yang signifikan. Dalam sepuluh tahun terakhir, perusahaan yang bermarkas di Kanada ini telah menjual 65 juta unit smartphone BlackBerry kepada 28,5 juta di seluruh dunia.

Pendapatan per lembar saham rata-rata selama tiga tahun terakhir pun naik 84% dengan tingkat pertumbuhan pendapatan 77%. Kendati pasar saham pada 2008 lalu rontok, total return saham RIM masih mencapai 45% per tahun.

Produsen BlackBerry ini juga telah meningkatkan kapitalisasi nilainya di pasar saham menjadi US$ 96 juta dari US$ 42 juta. Alhasil, pendirinya, Balsille dan Lazaridis kini masing-masing mengantongi 6% saham atau sesuai nilai sahamnya sebesar US$ 2,5 miliar.

Itu sebabnya majalah bisnis bergengsi, Fortune, menobatkan RIM sebagai perusahaan dengan kinerja terpesat tahun ini, dari jajaran 100 perusahaan lainnya. RIM berhasil unggul dan mengalahkan rival utama, yaitu Apple, yang hanya menempati urutan 39, serta Google yang jauh di posisi 68. Meski penjualan dan nilai pasar perusahaan ini sebenarnya tiga kali lipat lebih besar dibandingkan RIM.

Menyusul RIM, Sigma Design menempati posisi runner up. Pembuat chip komputer yang bermarkas di Silicon Valley ini bagian dari produksi cakram digital berupa blue ray DVD. Pendapatan Sigma pun melonjak hingga 104% sejak 2007. Sedangkan di urutan tiga adalah perusahaan internet asal Cina, Sohu.Com. Perusahaan ini meraup untung dari kinerja ekonomi negara tirai bambu yang masih kuat, di tengah resesi.

source : http://www.inilah.com

Filed under: Gadget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: