Indonesia Telecom News Aggregators™

Divisi CIS Telkom Raih ISO 9001:2008


telkomJakarta – Upaya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) khususnya Divisi Carrier and Interconnection (CIS) dalam menjamin kepastian layanan kepada para operator telekomunikasi di Indonesia membuahkan hasil. Sertifikat Sistem Manajeman Mutu ISO 9001:2008 dari TUV Rheinland International diraih.

“Sertifikat ISO 9001:2008  membuktikan layanan Telkom, khususnya Divisi Carrier and Interconnection berstandar internasional,” kata Eddy Kurnia, Vice President Public and Marketing Communication Telkom, pada keterangan pers yang VIVAnews kutip, 17 September 2009.

Divisi CIS Telkom selama ini lebih dikenal sebagai divisi yang mengelola interkoneksi. Meski begitu, sebenarnya divisi tersebut mengelola berbagai produk pada stream voice service, support facilities, leased capacity, satelite service, Port Connection, internet akses, dan IP transit.

Pada awalnya, Eddy menjelaskan, pengelolaan interkoneksi dilakukan oleh unit-unit di Divisi Regional. Dalam perjalanan menuju profesionalisme pengelolaannya, di tahun 2003, Telkom membentuk pusat pelayanan interkoneksi yang menjadi cikal bakal Divisi CIS saat ini.

“Interkoneksi pada awalnya hanya sebuah layanan, namun fase oligopoli telah menghapuskan fase monopoli dan duopoli, sehingga tuntutan pelayanan interkoneksi mengharuskan Telkom mengelola bisnis tersebut secara lebih profesional,” kata Eddy yang menjelaskan maksud dan tujuan pendirian Divisi CIS Telkom.

Bagi Telkom, pengelolaan interkoneksi secara khusus dan bisnis intercarrier secara umum menjadi agenda penting karena bisnis intercarrier menjadi stream pendapatan baru yang signifikan. Selain itu, interkoneksi menjadi tuntutan dari aturan pemerintah yang sifatnya mandatori untuk memajukan skema bisnis telekomunikasi di Indonesia.

Untuk menjaminkan pelayanan terbaik kepada setiap OLO, Divisi CIS melakukan upaya terbaik dengan penekanan terhadap proses-proses operasional layanan, salah satu bukti nyata yang terkini adalah keberhasilan CIS menjadi unit pertama di Telkom yang berhasil meraih sertifikat sistem manajemen mutu ISO Versi 9001:2008 sebagai versi termutakhir yang diterima pada tanggal 22 juli 2009 dari TUV Rheinland International.

Ruang lingkup perolehan Seritifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 meliputi interkoneksi, transponder dan sirkit langganan.

source : http://www.vivanews.com

Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: