Indonesia Telecom News Aggregators™

Kedubes AS di Jakarta Manfaatkan Youtube


usJakarta – Kedutaan Besar AS kini memiliki saluran YouTube yang menampilkan lebih dari 100 video pendek mengenai berbagai macam topik tentang Amerika Serikat seperti kebudayaan, masyarakat, pendidikan, kegiatan agama, politik, pariwisata Amerika, dan pendidikan bahasa Inggris.

Siaran pers Kedubes AS di Jakarta mengungkapkan bahwa klip-klip video yang terdapat di situs video sharing ini dapat diakses melalui http://www.youtube.com/pasjakartaindonesia dan ditampilkan dalam Bahasa Indonesia atau diberi terjemahan Bahasa Indonesia.

Kedutaan Besar AS pertama kali menggunakan YouTube pada 2008 untuk mengirimkan video ucapan selamat Idul Fitri dan kemudian pada tahun yang sama memasang video berupa instruksi untuk mengikuti Diversity Visa Lottery yang telah diakses beberapa ribu kali. Sebagian besar video yang terdapat di YouTube ini diproduksi bersama oleh stasiun-stasiun televisi nasional Indonesia.

Peluncuran saluran YouTube ini adalah hal paling mutakhir dari rangkaian langkah-langkah inovatif yang diambil oleh Kedutaan Besar AS untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menjalankan misi diplomasi publik di Indonesia.

Pada Januari lalu, Kedubes AS menjadi misi diplomatik pertama di Indonesia yang memiliki halaman penggemar (fan page) Facebook, http://www.facebook.com/jakarta.usembassy yang kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 8,500 penggemar. Halaman ini menampilkan hal-hal unik seperti foto, video, dan perlombaan.

Pada tahun 2008, Kedutaan Besar AS ikut mensponsori konferensi blogging nasional Pesta Blogger ke-dua yang melibatkan lebih dari 1000 peserta.

Tahun ini, Kedutaan Besar AS kembali menjadi sponsor utama acara Pesta Blogger 2009 yang rencananya akan diadakan di Jakarta pada 24 Oktober. Kedubes AS juga mensponsori berbagai blogging workshops atau blogshops di 10 kota besar di seluruh Indonesia.

Bekerjasama dengan komunitas-komunitas blogging lokal dan nasional, kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengajarkan teknik serta etika dalam membuat sebuah blog dan menjadi seorang citizen journalist. Hingga saat ini kegiatan blogshop tersebut telah dilaksanakan di Balikpapan, Samarinda, Makassar, Medan, dan Surabaya.

Ketika Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengunjungi Indonesia pada Februari lalu, pihak Kedubes AS “memasukan” seorang koresponden dari sebuah situs berita online di Indonesia dalam rombongan persnya.

Duta Besar AS Cameron R. Hume dan staf Kedubes lainnya juga membuat blog tentang kunjungan tersebut di situs blog resmi Departemen Luar Negeri AS (http://blogs.state.gov).

Seluruh proses pengurusan visa ke AS sekarang telah menggunakan sistem pendaftaran secara online dan warga AS di Indonesia yang ingin memperpanjang paspor mereka juga diharuskan untuk mendaftar secara online.

source : vivanews.com

Filed under: Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: