Indonesia Telecom News Aggregators™

Kominfo: Kualitas Layanan Sudah Lebih Baik


kominfoJakarta – Dari beberapa catatan penting dari evaluasi awal terhadap kualitas layanan telekomunikasi selama Lebarn 1 Syawal 1430H, Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Depkominfo) mengutarakan bahwa kualitas layanan telekomunikasi yang dilakukan penyelenggara telekomunikasi umumnya cukup baik, bahkan lebih baik ketimbang Lebaran tahun 2008.

“Kondisi ini mungkin mengacu dan belajar dari kondisi Lebaran tahun 2008, di mana ketika itu cukup krusial dan padat, dikarenakan Lebaran pertama sejak terjadi gelombang penurunan tarif telekomunikasi di awal April 2008,” kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kominfo pada keterangan pers yang VIVAnews kutip, 28 September 2009.

Namun demikian, kualitas layanan telekomunikasi justru sempat agak memburuk seminggu menjelang hari raya Idul Fitri. Dan, hal itu hanya terjadi pada beberapa layanan penyelenggara telekomunikasi tertentu dan sifatnya pada beberapa wilayah tertentu di luar area Jabodetabek.

Sebagaimana kelazimannya pada saat Lebaran, pada Lebaran tahun ini terjadi perpindahan penggunaan layanan telekomunikasi yang cukup signifikan. Mengingat hampir sebagian warga masyarakat Jakarta dan sekitarnya melakukan kegiatan mudik Lebaran, maka konsentrasi penggunaan layanan telekomunikasi selama Lebaran juga berubah.

“Peningkatannya, secara umum, mencapai rata-rata 30 persen ketimbang Lebaran tahun lalu. Namun, dibandingkan dengan hari-hari biasa mencapai rata-rata lebih dari 100 persen untuk daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik Lebaran tahun 2009,” ucap Gatot.

Namun demikian, pada beberapa rute jalur mudik Lebaran, Depkominfo mengamati adanya penempatan sejumlah Mobile BTS yang sangat banyak jumlahnya milik beberapa operator sebagai komitmen untuk meningkatkan kapasitas di beberapa titik padat kemacetan lalu lintas mudik Lebaran.

Selama berlangsungnya suasana Lebaran tahun 2009, Depkominfo menerima cukup banyak laporan melalui telepon dan SMS yang menyampaikan keluhan terhadap kualitas operator selular. Menanggapi hal ini, sebagian dijelaskan, bahwa destinasi (tujuan) yang ditelepon atau dikirimi SMS belum tentu sudah terjangkau layanan seluruh penyelenggara telekomunikasi, baik untuk on-net maupun off-net.

Juga dijelaskan, bahwa belum tentu kegagalan pengiriman SMS misalnya karena kendala layanan penyelenggara telekomunikasi, karena ada kemungkinan disebabkan kendala teknis perangkat telekomunikasi pengguna yang bersangkutan, dan ketika kendala tersebut bisa diatasi, semuanya dapat terkirim dengan baik.

source : http://www.vivanews.com

Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: