Indonesia Telecom News Aggregators™

Industri Game Mulai Khawatir Tersaingi Apple


apple jugaNEW YORK – Kehadiran iPhone diprediksi tak hanya dapat menggeser kedudukan para produsen ponsel cerdas lainnya. Kemampuan iPhone yang bisa digunakan untuk berbagai multimedia termasuk game dinilai akan turut menggeser kesuksesan para produsen game.

Prediksi ini agaknya mulai mendekati kenyataan. Pekan ini, New York Times baru saja mengulas berita mengenai dampak peredaran handset besutan Apple terhadap industri game.

Dalam tulisan itu, disebutkan bahwa para produsen perangkat game seperti Microsoft, Sony dan Nintendo mulai khawatir konsumen saat ini akan terpuaskan bermain game dengan menggunakan perangkat iPhone atau iPod Apple. Hal itu menyebabkan konsumen tak lagi tertarik untuk membeli perangkat game.

Data terbaru menyoroti adanya peralihan yang sangat cepat dalam pemasaran game. Kini, semakin banyak jumlah penggemar game yang dimainkan dengan handset Apple.

“Dari 758 game yang dipamerkan di Tokyo Game Show, 168 game diantaranya adalah untuk platform ponsel cerdas. Jumlah ini meningkat dua kali lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” demikian keterangan yang dikutip dari New York Times, Minggu (27/9/2009).

Dalam tulisan itu pun disebutkan, ‘serangan’ yang dilancarkan Apple bahkan mampu mengalahkan penjualan perangkat game rumahan seperti Wii Nintendo, Playstation 3 Son atau XBox 360 milik Microsoft.

Beberapa waktu lalu, salah satu produsen perangkat game, Sonny menegaskan bahwa pihaknya tak takut dengan geliat game iPhone. Bahkan Sonny berani mengklaim bahwa iPhone hanyalah sebuah ponsel yang penyajian gamenya memiliki keterbatasan. Sementara Sony adalah produsen handal yang memang berkompeten dalam mencipta game.

Namun begitu, melihat perkembangannya kini, para analis memberikan pendapat bahwa Sonny dan juga produsen game lain perlu membuat perubahan radikal dalam bisnis mereka. Hal ini termasuk pengembangan dalan peranti lunak dan perangkat game yang lebih inovatif. Dengan demikian, diharapkan industri game tidak akan mudah tergerus kehadiran game iPhone.

source : http://www.okezone.com

Filed under: Games

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,542 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: