Indonesia Telecom News Aggregators™

ALU : Rekor Baru Kecepatan Kabel Bawah Laut


cable underseaJakarta – Para peneliti Alcatel-Lucent menyatakan bahwa mereka telah menemukan cara bagaimana melipatgandakan kecepatan kabel optik bawah laut hingga 10 kali lipat.

Vendor perangkat telekomunikasi dan jaringan itu menyebutkan bahwa peneliti pada fasilitas Bell Labs di Villarceaux, Perancis, menjadi yang pertama dalam meraih kecepatan 100 petabit per second.kilometer.

Pengukuran mencakup baik kecepatan dan kemampuan untuk menjaga kecepatan tersebut dalam jarak tertentu, dengan mengalikan kecepatan jaringan dengan jarak yang bisa dicapai dalam kilometer.

Untuk mencapai kecepatan tersebut, peneliti mengombinasikan 155 laser yang masing-masing mampu membawa data dengan kecepatan 100Gbps dan menentukan frekuensi setiap sinar untuk meminimalisir interferensi. Cara ini ternyata dapat meningkatkan performa standar teknologi Wavelength Division Multiplexing (WDM).

Hasilnya, jaringan dengan kecepatan 15,5 terabit per second bisa dicapai dan data berhasil dihantarkan menggunakan koneksi ini hingga jarak 7 ribu kilometer. Meski bukan ditujukan untuk melakukannya, tetapi dengan kecepatan ini, pengguna bisa melakukan transfer data sebanyak 400 DVD per detik sampai jarak 7 ribu kilometer tersebut.

“Pemecahan rekor ini tentu merupakan tonggak bersejarah dalam mencapai kapasitas dan kecepatan jaringan,” kata Gee Rittenhouse, Head of Bell Labs Research, seperti VIVAnews kutip dari Cellular News, 29 September 2009. “Ini juga merupakan kunci untuk mengatasi ledakan kebutuhan yang akan datang,” ucapnya.

Meski penerapannya masih membutuhkan waktu beberapa tahun ke depan, tetapi teknologi ini bisa digunakan untuk mengganti atau meng-upgrade kabel fiber optik bawah laut yang merupakan sambungan utama jaringan internet dunia.

Selain itu, kebutuhan atas koneksi internasional kecepatan tinggi lewat kabel bawah laut terus meningkat meskipun ekonomi sedang menurun. Buktinya, menurut Telegeography, perusahaan peneliti internet, trafik internet internasional naik 79 persen antara pertengahan 2008 sampai pertengahan 2009. Peningkatan itu lebih tinggi dibanding periode yang sama setahun sebelumnya.

source : http://www.vivanews.com

Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: