Indonesia Telecom News Aggregators™

42 dari 90 BTS Flexi Sumbar ‘Down’


flexyJakarta – Gempa dahsyat berukuran 7,6 skala Richter telah merusak sejumlah sarana infrastruktur Telkom di Sumatera Barat . Adapun hambatan yang paling besar adalah sulitnya mendapatkan pasokan listrik.

Menurut Eddy Kurnia, Vice President Public and Marketing Communication Telkom, genset tidak bisa segera dioperasikan karena  perkabelan listrik banyak yang rusak. Bila dipaksakan, dikhawatirkan bisa menimbulkan korsleting listrik.

“Saat ini teknisi kami di lapangan saat ini sudah bekerja keras untuk mengaktifkan genset,” kata Eddy, pada keterangan pers yang VIVAnews terima, 1 Oktober 2009. “Kondisi kota Padang sendiri hingga tadi malam gelap total,” ucapnya.

Telkom berharap bisa segera mengatasi permasalahan listrik tersebut, karena dikhawatirkan alat produksi Telkom akan terputus bila tidak segera datang pasokan listrik dari PLN.

Kamis pagi ini, 42 dari 90 BTS Flexi di Sumatera Barat dalam keadaan ‘down’ karena catu daya hanya bisa bertahan enam jam, sedangkan tidak semua BTS bisa tercover oleh genset yang ada.

“Di Kota Padang, dari 25 BTS yang ada, 20 BTS belum bisa berfungsi,” kata Eddy. “BTS lain yang berada di sekitar kota Padang, sebanyak 22 BTS tidak berfungsi, sedangkan 65 BTS masih berfungsi,” ucapnya.

Untuk layanan mobile seluler (Telkomsel), karena jangkauannya yang luas dan kebetulan efek gempa mengena pada jaringan inti transmisinya, dibutuhkan effortyang besar untuk menormalkannya.

“Tim teknis Telkomsel saat ini sedang mengupayakan agar dalam enam jam ke depan layanan berangsur-angsur baik meski soal catuan listrik menjadi kendala yang tidak mudah juga untuk mengatasinya,” ucap Eddy.

Kesulitan lain yang dihadapi Telkom di Sumbar, selain pasokan listrik adalah kondisi kantor yang rusak parah sehingga tidak bisa digunakan sebagai lokasi kerja, seperti Gedung Kandatel Padang yang rusak parah.

Eddy menjelaskan, bangunan Kantor Telkom Padang yang berlokasi di Jalan KH A. Dahlan, Padang mengalami kerusakan berat sehingga mengganggu aktivitas petugas Telkom. “Kami akan berupaya secepatnya memulihkan jaringan atau minimal membantu penggunaan sistem alternatif agar hubungan komunikasi bisa digunakan secara normal,” ucapnya.

Eddy menambahkan, tim recovery Telkom dari propinsi Riau, saat ini
sudah mendekati kota Padang. Tim ini akan menggunakan genset mobile untuk memberikan pasokan.

source : http://www.vivanews.com

Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,542 hits

Indotelconews Twitter

Calender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: