Indonesia Telecom News Aggregators™

Kernel 2.6.32-rc1 Beredar, Linux Makin Gendut


linuxJakarta – Linus Torvalds, programmer yang merupakan bapak dari sistem operasi Linux telah mengumumkan hadirnya versi release candidate pertama dari kernel Linux 2.6.32.

Ironisnya, mskipun ia terus mengeluh bahwa inti dari sistem operasi tersebut kian lama semakin membesar, tetapi ternyata pada kernel baru itu ia tetap menghadirkan sejumlah fitur baru yang ia sendiri sebut sebagai ‘bengkak’.

Menurut Linus, kernel 2.6.32 menghadirkan banyak driver untuk berbagai perangkat. Sejumlah driver terbaru dimasukkan, beberapa file sistem diperbarui, dan banyak lagi. Yang menarik dalam kernel tersebut kini tersedia dukungan terhadap ATI R600/700 kernel mode-setting dan dukungan 3D serta kode VGA Arbitration serta KMS page-flipping ioctl.

Fakta bahwa driver terus dimasukkan ke dalam kernel tampaknya akan menyulut kembali debat seputar apakah kernel seharusnya tetap ringkas dengan driver-driver tidak diikutsertakan ke dalamnya, atau kernel dibuat lengkap, namun dengan konsekuensi ia akan menjadi bengkak.

Sejak beberapa waktu, Linus selalu mengeluh bahwa Linux semakin disesaki dengan berbagai hal. Tetapi tampaknya ia juga tidak bisa menahan diri untuk tidak menambahkan berbagai fasilitas di inti sistem operasinya. Ingin coba? Silakan ambil dari sini.

source : http://www.vivanews.com

Filed under: Others

Leave a comment