Indonesia Telecom News Aggregators™

Telkomsel: Internet Unlimit Bukan Buat Iseng


tselJakarta – Seperti diketahui, sejumlah pengguna paket Telkomsel Flash unlimited, khususnya mereka yang berlangganan paket Basic up to 256kbps bertarif Rp 125 ribu per bulan (belum PPN) menjerit. Pasalnya, per 1 September lalu, Telkomsel mengubah perjanjian yang menyediakan kuota penggunaan 2GB menjadi 500MB jika pengguna ingin menikmati kecepatan hingga 1/4 mbps tersebut.

Pengguna ‘bandel’ yang selalu menghabiskan bandwidth dengan semena-mena juga akan mendapatkan hukuman bahwa kecepatan akses internet mereka akan dipatok di 64kbps saja. Meski begitu, Telkomsel menyebutkan bahwa kebijakan tersebut masih sebatas rencana.

“Kebijakan itu belum diberlakukan, belum ada eksekusi. Kalau sudah berlaku, pasti akan kami publikasikan di media,” kata Joseph Gero Interconnect and regulatory Telkomsel pada VIVAnews di Jakarta, 1 Oktober 2009.

Sejauh ini, ucap Joseph, tarif dan kecepatan masih normal seperti sebelumnya. “Kalau kecepatannya turun-naik itu biasa. Nantinya, akan berlaku kecepatan up to sekian dengan maksimal kuota menjadi 500MB dari sebelumnya 2GB,” kata Joseph. “Selain itu, sifatnya juga sharing. Kalau lagi padat, ya koneksi jadi lamban,” ucapnya.

Joseph menyebutkan, pihaknya hanya ingin mengoptimalkan kapasitas layanan data. “Kami menghindari pengguna online yang hanya memanfaatkan layanan data kami untuk sekedar senang-senang atau online sepanjang hari,” ucap Joseph. “Pengguna seperti itu merugikan orang-orang yang benar-benar membutuhkan,” ucapnya.

“Kita sama-sama menyadari bahwa bandwidth di Indonesia terbatas,” kata Joseph. “Solusi ini (pembatasan bandwidth) semata-mata dilakukan untuk optimalisasi jaringan data Telkomsel,” ucapnya.

Jika melanggar aturan tentang regulasi atau ketentuan pemerintah, Telkomsel bisa membatalkan rencananya mengubah aturan bagi penggunanya. “Yang jelas saat ini aturan baru itu belum berlaku. Kita usahakan tetap comply dengan ketentuan pemerintah,” ucap Joseph.

Seputar banyaknya keluhan yang muncul dari pengguna, Telkomsel menyatakan hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

“Kalau respon pasar banyak komplain, itu bagus. Kami nilai respon itu positif, karena kami bisa mempertimbangkannya untuk dibatalkan,” kata Joseph. “Lagi pula, kalau banyak komplain itu biasa. Kan, itu menunjukkan bahwa pelanggan kami banyak dan loyal,” ucap Joseph.

source : http://www.vivanews.com

Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,542 hits

Indotelconews Twitter

Calender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: