Indonesia Telecom News Aggregators™

Indosat, Penguasa Layanan Data di Indonesia


isatJakarta – Menurut data terakhir jaringan InMobi, pengguna Internet bergerak (mobile Internet) di Indonesia telah meningkat dua kali lipat dalam setahun terakhir. Yang menarik, Indosat merupakan operator selular dengan pangsa terbesar untuk layanan data bergerak di Tanah Air.

Di Indonesia, menurut sumber yang diperoleh dari Opera, diperkirakan saat ini terdapat sekitar sembilan juta pengguna Internet via perangkat bergerak atau ponsel, dengan rata-rata 591 halaman dibuka oleh tiap pengguna setiap bulannya.

Secara mengejutkan, angka ini melebihi rata-rata pengguna mobile Internet secara global yang hanya membuka 250 halaman per pengguna per bulan.

“Sebagian besar produsen ponsel telah menyadarinya. Kini, di Indonesia, dari seluruh ponsel yang beredar, 80 persen di antaranya telah memiliki kemampuan akses internet, baik berbasis wap maupun web,” kata Abhay Singhal, Co-Founder and Head of Global Ad Sales InMobi dalam laporannya, seperti VIVAnews kutip dari PocketBerry, Jumat 2 Oktober 2009.

Disinyalir, beredarnya isu rencana kenaikan tarif oleh para penyelenggara jasa internet atau ISP, tidak bisa diandalkannya infrastruktur jaringan tetap, dan semakin murahnya layanan data bergerak menjadi pemicu tingginya pertumbuhan mobile Internet atau browsing melalui ponsel di Indonesia.

Berdasarkan hasil temuan InMobi, diketahui, secara spesifik, 53 persen dari seluruh pengguna mobile Web di Indonesia adalah kurun usia 18 hingga 27 tahun, dan 82 persen dari total jumlah pengguna mobile Web adalah kaum Adam.

Sementara di segi operator selular selaku penyelenggara jasa Internet atau layanan databergerak, Indosat berkuasa di pasar dengan pangsa 75 persen atau kurang lebih tiga per empat dari total pengguna layanan.

“Kompetisi sengit antaroperator dan perang harga antarvendor membuat ponsel dan mobile Internet bergerak kian terjangkau oleh masyarakat Indonesia tahun ini,” ucap Singhal.

Diperkirakan pengguna mobile Internet akan terus meroket dan menyentuh angka 146 juta pada akhir 2010. Seiring dengan hal tersebut, industri periklanan mobile pun diestimasi akan tumbuh pesat sebagai kocek tambahan dari para pelanggan ke saku operator.

“Dengan perhitungan yang akurat, para pengiklan mobile dan penerbit akan menyadari tingginya nilai pasar Indonesia,” ucap Singhal.

source : http://www.vivanews.com

Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: