Indonesia Telecom News Aggregators™

Gara-Gara BlackBerry Onyx, RIM Tegur XL


BB onyx and XLJakarta – BlackBerry Onyx, yang disebut-sebut sebagai penerus generasi BlackBerry 9000 Bold, kini tengah dipersiapkan sejumlah mitra Research In Motion (RIM) di Indonesia setelah BlackBerry Gemini diluncurkan. Akan tetapi, ternyata Onyx milik XL beredar lebih dulu. Benarkah demikian?

Jika foto yang VIVAnews temui di BlackBerry OS, 6 Oktober 2009 benar, maka Anda akan melihat sebuah perangkat BlackBerry Onyx yang telah bocor di pasar dan diketahui memakai layanan BlackBerry milik XL.

Sontak saja, hal ini membuat RIM manyun dan segera mempertanyakan XL terkait isu tersebut. Hal ini wajar mengingat vendor BlackBerry itu memang belum secara resmi meluncurkan Onyx di negara mana pun, termasuk di Indonesia.

Namun, pihak XL kabarnya telah memberi pengertian kepada RIM bahwa perangkat tersebut beredar tanpa sepengetahuan XL atau berada di luar jalur XL.

“Padahal, kalau diperhatikan dengan seksama, itu milik AT&T, salah satu mitra RIM di Amerika Serikat, yang lolos sampai diperjualbelikan. Masalahnya, yang beli adalah orang Indonesia,” kata Dolly Surya Wisaka, Manajer Internet & Data Services XL, pada VIVAnews, 6 Oktober 2009. “Gara-gara ini, kita ditegur lagi sama RIM,” ucapnya.

Memang, bila diamati, Onyx pada gambar tersebut menampilkan wallpaper logo AT&T. Namun, hal itu tak membuat XL langsung ‘dingin’. “Kartu SIM-nya punya XL. Jadi, XL yang kena. Mereka lebih mempermasalahkan carriernya. Ada-ada saja. Orang Indonesia memang ‘gila’ kalau urusan memburu barang-barang begini,” ucap Dolly.

Namun demikian, tambah dia, RIM mengerti bahwa XL di sini hanya menyediakan layanan BIS melalui BlackBerry One atau semacamnya milik XL. “Mengerti sih mengerti. Tapi, tetap saja yang terekspose adalah XL sebagai carriernya,” ucap dia.

Sekedar diketahui, sejauh ini, XL baru sebatas melakukan ujicoba terhadap BlackBerry Onyx pada jaringannya. “Kita juga belum tahu kapan Onyx bisa diluncurkan. Kita masih menunggu petunjuk dari RIM untuk edisi berikutnya,” kata Dolly. “Sejujurnya, kita masih mau fokus di Gemini dulu,” ucapnya.

Sebelumnya, XL mengaku akan meminimalisir informasi lebih seputar BlackBerry Onyx. Pasalnya, hal ini telah diwanti-wanti oleh RIM sebelumnya.

“Mungkin takut Gemini-nya nggak laku. Makanya, mereka berusaha agar tetap menahan informasi seputar Onyx agar tidak bocor ke publik,” ucap Dolly saat berbincang-bincang dengan VIVAnews, pada kesempatan yang berbeda.

Onyx, kode nama dari BlackBery 9700, kabarnya telah mendukung jaringan Quad-band GSM/GPRS/EDGE lengkap dengan UMTS/HSDPA. Tak hanya itu, membuka alternatif akses data Internet, RIM juga menyematkan kemampuan Wi-fi a,b,g pada ponsel ini. Bluetooth pun tak ketinggal dibenamkan di dalamnya.

Ponsel yang memiliki resolusi layar 480×360 ini telah dilengkapi dengan BlackBerry OS 5.0. Di samping itu, terdapat pula kamera berkemampuan 3,2 MP berfitur Auto Focus.

Di Amerika Serikat, cukup santer rumor beredar bahwa varian terbaru BlackBerry ini telah diadopsi T-Mobile dan siap diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat. Sementara AT&T akan menyusul kompetitornya tersebut. Namun, belum ada yang berani mengestimasi berapa kisaran harga jual BlackBerry 9700.

source : http://www.vivanews.com



Filed under: Gadget

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: