Indonesia Telecom News Aggregators™

Oktober Serat Optik Indonesia Timur Dibangun


palapa ringJakarta – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan segera membangun backbone serat optik di Kawasan Timur Indonesia. Perusahaan tersebut mengambil sebagian konfigurasi Palapa Ring, yakni melintasi jalur-jalur Mataram-Kupang, Manado-Sorong, dan Fakfak-Makassar.

Untuk tahap pertama, sepanjang Oktober 2009, Telkom akan membangun serat optik Mataram Kupang (Mataram Kupang Cable System), sepanjang  1.041KM laut dengan 6 Landing Point di kota Mataram, Sumbawa Besar, Raba, Waingapu dan Kupang.

Selain itu dibangun pula jaringan sepanjang 810KM darat dengan 15 node di kota Mataram, Pringgabaya, Newmont, Taliwang, Sumbawa Besar, Ampang, Dompu, Raba, Labuhan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, Maumere, Waingapu, dan Kupang.

“Kendati konsorsium proyek Palapa Ring sendiri faktanya belum berjalan sebagaimana yang diharapkan, Telkom tetap akan melanjutkan pembangunan backbone serat optik di Kawasan Timur Indonesia,” kata Eddy Kurnia, Vice President Public and Marketing Communications Telkom, pada keterangan pers yang VIVAnews kutip, 7 Oktober 2009.

Eddy menekankan bahwa proyek ini murni merupakan inisiatif dan dijalankan oleh Telkom yang diharapkan selesai akhir September 2010.

Palapa Ring sendiri merupakan megaproyek pembangunan tulang punggung (backbone) serat optik yang diinisiasi oleh pemerintah, yang terdiri dari 35.280 kilometer serat optik bawah laut (submarine cable) dan 21.708 kilometer serat optik bawah tanah (inland cable).

Kabel backbone yang terdiri dari 7 cincin (ring) melingkupi 33 provinsi dan 460 kabupaten di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Bagi Telkom, pembangunan infrastruktur telekomunikasi di KTI memiliki nilai yang sangat strategis. Sayangnya, pengembangan sektor telekomunikasi di KTI tidak secepat di wilayah-wilayah bagian barat mengingat kondisinya memang tidak mudah. Selain wilayah yang begitu luas, KTI juga merupakan kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil. “Kendala geografis yang kami hadapi sangat menantang,” ucap Eddy.

“Backbone serat optik yang kami bangun dengan konfigurasi Palapa Ring diharapkan akan menjadi solusi yang komprehensif terhadap keterisolasian KTI dari jangkauan telekomunikasi, sekaligus akan semakin memperkuat dan memudahkan Telkom dalam mengembangkan berbagai layanan InfoCom di wilayah tersebut,” ucap Eddy.

Eddy menambahkan, backbone ini juga diharapkan akan meningkatkan jumlah titik akses ke jaringan pita lebar, yang mendukung peluang persaingan dan prospek bisnis di wilayah-wilayah terbelakang di Indonesia.

Backbone juga diharapkan dapat menyediakan komunikasi yang lebih efisien bagi sektor publik maupun pemerintahan termasuk militer, polisi, meteorologi, pencegahan krisis, dan pelanggan korporat dan rumah tangga, mengurangi biaya komunikasi di dalam wilayah-wilayah yang tercakup serta mendorong penggunaan akses pita lebar, serta memenuhi kebutuhan telekomunikasi saat ini dan mendatang yang tergantung pada jaringan pita lebar.

source : http://www.vivanews.com



Filed under: Telco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: