Indonesia Telecom News Aggregators™

Direktur FBI Hampir Jadi Korban Phishing


fbi directorCalifornia – Aksi pencurian informasi penting, seperti data finansial, tidak hanya dialami orang-orang awam. Direktur FBI pun mengaku pernah hampir menjadi korban phishing.

Dilansir melalui The Age, Kamis (8/10/2009), Direktur FBI Robert Mueller disarankan oleh sang istri untuk tidak lagi menggunakan internet banking setelah ia hampir tertipu oleh seorang scammer.

“Kala itu, saya mendapatkan email dari pihak bank tempat saya menaruh uang. Email tersebut sangat mirip dengan yang dikeluarkan bank. Dalam isinya, mereka meminta saya untuk mem-verifikasi akun internet banking saya dimulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mencurigakan bagi saya. Saat itu juga saya menghentikan verifikasi. Saya ubah password internet banking saya dan kemudian menceritakan hal ini kepada istri saya supaya dia juga tidak terjebak di kemudian hari,” papar Mueller saat mengunjungi Mesir terkait seminar anti-phishing.

Pernyataan Mueller itu merupakan bukti bahwa aksi phishing bisa terjadi pada siapa saja dan sangat berbahaya. Pasalnya, informasi rekening bank yang diambil oleh scammer tidak tanggung-tanggung. Mereka akan menggunakannya untuk kepentingan pribadi mereka, terutama mengeruk uang dalam rekening korban.

Mueller menambahkan, sepanjang tahun FBI telah menangkap sekira 80 orang karena telah terlibat aksi phishing. 33 orang di antaranya berasal dari Amerika, sedangkan 47 lainnya berasal dari Mesir. Dari angka tersebut, 20 orang telah ditetapkan sebagai terdakwa. Tidak heran jika kemudian Mueller mengajak pemerintah Mesir untuk bekerja sama melawan aksi phishing yang saat ini sedang marak.

Menurut Mueller, terkadang scammer mendapatkan data tidak hanya dari situs jejaring sosial tapi juga akun email pribadi yang berhasil dibobol. Oleh karena itu, Mueller menyarankan agar para pemilik email tidak sembarangan memberikan informasi pentingnya kepada orang yang hanya dikenal di dunia maya. Selebihnya, Mueller meminta agar pemilik email menggunakan password email yang super aman dan tidak mudah dibobol.

source : http://www.okezone.com

Filed under: Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: