Indonesia Telecom News Aggregators™

First Media Andalkan Sitra di Teknologi Wimax


KARAWACI – First Media sebagai pemenang tender Broadband Wireless Access (BWA) tahun lalu, menghadirkan produk terbarunya Sitra Wimax sebagai operator Indonesia pertama yang menyelenggarakan layanan koneksi jaringan internet nirkabel dengan basis teknologi Wimax. First Media secara resmi meluncurkan pengoperasian pertama kali untuk kalangan internal di kawasan barat Jakarta pada Juni 2010.

“Wimax telah terbukti di banyak negara dan Wimax itu nyata bukan wacana, berbeda dengan LTE yang masih wacana dan baru digelontorkan paling tiga tahun lagi, dan kami bangga menghadirkan teknologi wimax pertama di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT First Media, Hengkie Liwanto saat peluncuran Sitra Wimax 4G di Aryaduta Club House, Karawaci, Jakarta, Senin (28/6/2010).

Seperti diketahui, First Media memenangi tender BWA tahun lalu yakni di zona Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Jabodetabek untuk menyelenggarakan akses data kecepatan tinggi. Penyelenggaran teknologi Wimax oleh Sitra ini akan dilakukan secara bertahap di kawasan Barat Jakarta dan sekitarnya.

“Secara populasi ini ada 41 juta, dan kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan internet terjangkau bagi masyarakat tersebut,” katanya.

Wimax merupakan akses teknologi komunikasi nirkabel generasi keempat yang mampu menyediakan layanan broadband kecepatan tinggi dan menjangkau area yang lebih luas. Wimax bekerja dengan cara mentransmisikan data dari BTS ke terminal atau modem pelanggan yang kemudian tersambung ke peranti komputer atau laptop pelanggan. Pelanggan juga dapat menghubungkan modem tersebut ke wi-fi router agar bisa dinikmati oleh kerabat sekitanya.

4G Wimax dapat mendukung kebutuhan komunikasi personal, perumahan, ataupun bisnis. Seperti layanan broadband. Akses internet, P2P sharing, IPTV, Mutiplayer gaming, video streaming, teleconference, Instant Messaging, file sharing dan download konten.

Menurut data Infonetic Research, pada 2013 diperkirakan pengguna Wimax mencapai sekira 130 juta pelanggan di 146 negara.

Dikatakan Hengkie, Sitra Wimax memiliki visi dan komitmen untuk menyediakan layanan internet berkualitas, dapat diandalkan dan dinikmati masyarakat luas.

“Sitra wimax ingin memperlengkap dan memberdayakan generasi internet Indonesia dengan teknologi dan platform yang baik untuk membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari, baik di kantor, sekolah, pendidikan dan bisnis,” tandas Hengkie.

Untuk peluncuran pertama ini Sitra Wimax juga menggunakan modem (CPE) yang telah memenuhi persyaratan kandungan dalam negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah untuk penggunaan kandungan dalam negeri dalam penyelenggaraan BWA berbasis teknologi Wimax. (srn)

source : okezone.com

Filed under: Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Yahoo

Blog Stats

  • 10,543 hits

Indotelconews Twitter

Calender

July 2010
M T W T F S S
« Dec   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

%d bloggers like this: